Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Hukum

Hari Ini Hasto Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Harun Masiku

17
×

Hari Ini Hasto Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Harun Masiku

Share this article
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin 10 Juni 2024. (Beritasatu.com/Muhammad Aulia Rahman)
Example 468x60

HFANEWS.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (10/6/2024). Hasto mendatangi gedung Merah Puti KPK.

KPK memanggil Hasto untuk mengonfirmasi informasi baru mengenai dugaan keberadaan Harun Masiku.

Example 300x600

Hasto tiba di gedung Merah Putih KPK, Jakarta pukul 09.40 WIB. Dia didampingi oleh tim kuasa hukumnya, antara lain Ronny Talapessy dan Patra Zen.

Dia hendak dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penetapan anggota DPR periode 2019 sampai 2024 dengan tersangka Harun Masiku (HM) yang kini sedang buron.

“Saya akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya. Saya dipanggil dalam kapasitas sebagai saksi. Jadi mohon sabar, nanti saya akan memberikan keterangan pers selengkap-lengkapnya,” kata Hasto di lokasi.

Baca Juga: Diperiksa Polda Metro Jaya, Hasto Dinilai Telah Menghormati Proses Penegakan Hukum

Sebelumnya, KPK telah memeriksa saksi atas nama Melita De Grave selaku pelajar/mahasiswa, Jumat (31/5/2024). Lewat pemeriksaan tersebut, KPK menggali keterangan Melita soal dugaan pihak yang mengamankan Harun Masiku. Melita diduga memiliki informasi yang dibutuhkan KPK untuk mencari keberadaan Harun.

Dua saksi lain, yakni pengacara Simeon Petrus dan Hugo Ganda (pelajar) juga sudah dimintai konfirmasi oleh tim penyidik KPK pada Rabu (29/5/2024) dan Kamis (30/5/2024).

KPK turut mengendus adanya upaya menghalangi pencarian terhadap Harun Masiku. Saat pemeriksaan kedua saksi ini, KPK mendalami dugaan sejumlah pihak yang mencoba menyembunyikan Harun Masiku.

Harun Masiku merupakan mantan caleg PDIP yang terjerat perkara dugaan suap dalam pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Dia diduga menyuap Komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR.

Namun, sejak OTT terhadap Wahyu dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020 hingga saat ini, Harun Masiku masih buron dan menghirup udara bebas. (HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *