Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Indonesia, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

17
×

Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Indonesia, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Share this article
Foto Ilustrasi
Example 468x60

HFANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di beberapa wilayah Indonesia untuk mewaspadai potensi hujan lebat dengan kecepatan 50 milimeter per hari pada Senin (15/4/2024).

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Senin dikutip Antara, daerah yang berpotensi hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur,

Example 300x600

Selain daerah itu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua juga berpotensi diterjang hujan lebat.

BMKG menyarankan masyarakat untuk menunda perjalanan apabila ada potensi cuaca ekstrem selama arus balik Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 terutama bagi yang akan melewati daerah dataran tinggi perbukitan dan pegunungan.

Dari sejumlah daerah tersebut, hujan lebat di beberapa di antaranya seperti di Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DI Yogyakarta dan Jawa Timur juga akan disertai terjangan angin kencang dengan kecepatan 45 kilometer per jam.

Baca Juga: Tanggulangi Banjir, Smart Aviation Incar Sektor Teknologi Modifikasi Cuaca

Tak hanya angin kencang, hujan badai yang disertai kilat dan petir turut akan dialami oleh masyarakat di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kemudian badai juga akan menerjang Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat.

BMKG pun menyarankan masyarakat untuk menunda perjalanan apabila terdapat potensi cuaca ekstrem selama arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah terutama bagi yang akan melewati daerah dataran tinggi perbukitan dan pegunungan.

“Kami menyarankan masyarakat menginstal aplikasi Info BMKG. Sebab, ketika ada peringatan dini maka akan langsung muncul pemberitahuan,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Desindra Deddy Kurniawan. (HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *