Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Politik

Nada Saldi Isra Tegur Kuasa Hukum Caleg DPR Dapil Papua Barat

28
×

Nada Saldi Isra Tegur Kuasa Hukum Caleg DPR Dapil Papua Barat

Share this article
Hakim konstitusi Saldi Isra
Example 468x60

HFANEWS.COM – Hakim konstitusi Saldi Isra menegur kuasa hukum caleg anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sius Dowansiba, Heriyanto, yang telat hadir di sidang sengketa Pileg 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Mulanya, Saldi Isra tengah mempersilakan kuasa hukum pemohon perkara bernomor 78-01-04-34/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, Alberthus, untuk menyampaikan pokok-pokok permohonan. Ketika pemohon mulai berbicara, Heriyanto memotong ucapannya.

Example 300x600

“Mohon izin yang mulia,” kata Heriyanto dalam sidang sengketa, Jumat. Selanjutnya, Saldi bertanya siapa yang meminta izin ketika kuasa hukum lain tengah menerangkan pokok permohonan.

Menegur kuasa hukum tersebut, Saldi menyampaikan, telatnya pemohon membuat susah seluruh pihak. Ia pun menegur Heriyanto dengan menyebut bahwa yang telat akan disetrap berupa push up.

“Siapa yang yang minta mohon izin tadi?” tanya Saldi. “Mohon izin yang mulia, kuasa hukum pemohon 117 yang mulia. Mohon maaf terlambat, yang mulia,” kata Heriyanto.

Baca Juga: KPK Periksa Dua Hakim Terkait Dugaan Gratifikasi TPPU Gazalba Saleh

Saldi lantas meminta Heriyanto agar tidak terlambat lagi. Jika masih terlambat, ia meminta yang terlambat untuk push up.

“Nanti enggak boleh lagi terlambat, ya,” tutur Saldi. “Siap yang mulia, baik,” jawab Heriyanto. “Nanti kalau terlambat terus, susah kita. Nanti disetrap pakai apa? Pakai push-up,” selorohnya.

Selanjutnya, Saldi mempersilakan Alberthus kembali melanjutkan menerangkan pokok-pokok permohonan. Sebagai informasi, MK tengah mengadili perkara Pileg 2024.

MK menyatakan, ada 297 gugatan sengketa Pileg 2024 yang diregistrasi menjadi perkara untuk disidangkan dan diadili dalam 30 hari kerja. Jumlah itu terbagi ke dalam sengketa Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.(HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *