Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Ekonomi

Pasar Ambruk, Kiyosaki Ingatkan Investor Soal Uang Asli dan Palsu

15
×

Pasar Ambruk, Kiyosaki Ingatkan Investor Soal Uang Asli dan Palsu

Share this article
Pakar keuangan dan penulis Rich Dad, Poor Dad, Robert Kiyosaki
Example 468x60

HFANEWS.COM – Pakar keuangan dan penulis Rich Dad, Poor Dad, Robert Kiyosaki memperingatkan investor untuk membedakan antara tutor asli dan palsu, dan setelah menemukan tutor yang kredibel, luangkan waktu untuk memahami perspektif mereka dengan membaca buku dan mendengarkan podcast mereka.

Kiyosaki juga menekankan pentingnya berjejaring dengan orang-orang yang berpikiran sama dan menghindari pihak-pihak yang menyalahkan orang lain atas masalah mereka atau mengharapkan pemerintah untuk menyelesaikannya.

Example 300x600

Kiyosaki juga mendorong investor untuk memulai usaha kecil-kecilan sebagai usaha sampingan untuk menjadi wirausaha, terutama mengingat ancaman kehilangan pekerjaan akibat kecerdasan buatan.

“Saya menyarankan kepada investor untuk menyimpan uang riil selama pasar ambruk, karena uang tersebut akan terapresiasi seiring berjalannya waktu, tidak seperti uang palsu yang mengalami depresiasi,” ujar Kiyoki, dikutip Kamis (9/5/2024).

Baca Juga: IHSG Merosot, Investor Asing Jual Sejumlah Saham Sebesar Rp2,48 Triliun

Menurut Kiyosaki, uang asli mencakup Bitcoin dan logam mulia seperti emas dan perak, sedangkan uang palsu mencakup mata uang fiat seperti dolar AS, Euro, dan yen Jepang.

Lebih lanjut, dirinya, berbagi wawasannya tentang cara bertahan dari kehancuran pasar, dengan menekankan pentingnya Bitcoin sebagai salah satu aset berharga. Sesuai tweet Kiyosaki, kehancuran pasar telah dimulai dan akan menjadi parah ke depannya.

Namun, ia percaya bahwa periode ini adalah waktu terbaik untuk mengumpulkan kekayaan karena akan ada harga murah yang bisa dimanfaatkan investor mengumpulkan kekayaan. Aturan pertamanya untuk bertahan dari kehancuran pasar adalah menghindari risiko jatuh, yang berarti investor tidak boleh membeli instrumen investasi karena didorong oleh keserakahan untuk membeli aset yang harganya sedang turun dengan cepat.

“Sebaliknya, mereka harus menunggu sampai harga aset mencapai titik terendah dan hanya ada sedikit minat terhadap aset tersebut,” tegasnya.

Kemudian dilansir dari Coinotag, sambil menunggu pasar mencapai titik terendahnya, Kiyosaki menyarankan investor untuk mendidik diri mereka sendiri tentang sektor keuangan, dengan fokus pada real estate, pajak, saham, dan minyak.(HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *