Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Prabowo Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-72 Kopassus

18
×

Prabowo Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Share this article
Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih, Prabowo Subianto, menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa, 30 April 2024. (Antara/Antara)
Example 468x60

HFANEWS.COM – Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih, Prabowo Subianto, menghadiri upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024).

Kedatangan Prabowo ke lapangan upacara turut didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Example 300x600

Prabowo sempat berinteraksi dengan beberapa awak media yang hadir, meski tidak memberikan pernyataan resmi.

Prabowo tampak mengenakan jas abu-abu dan kemeja putih, serta memakai baret merah sebagai tanda keanggotaannya dalam keluarga besar Kopassus.

Setelah itu, Prabowo dan para petinggi TNI bergabung dengan tamu undangan VIP untuk mengikuti upacara perayaan HUT Kopassus.

Untuk diketahui Kopassus lahir pada 16 April 1952, sebagai hasil dari peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok Republik Maluku Selatan (RMS) pada tahun 1950. Pasukan yang dipimpin oleh Panglima Teritorium III Kolonel A.E. Kawilarang berhasil menumpas pemberontakan tersebut, meskipun dengan biaya korban yang besar.

Baca Juga: Hadiri Halal Bihalal PBNU, Gus Yahya: Prabowo dan Gibran adalah Anggota Keluarga NU

Kejadian ini menyadarkan TNI akan pentingnya strategi perang, taktik, dan keterampilan individu yang tinggi untuk melancarkan serangan yang efektif dan efisien.

Inilah yang menginspirasi Letkol Slamet Riyadi untuk membentuk pasukan khusus dengan keahlian taktik perang yang tinggi dan personel yang unggul.

Gagasan tersebut disambut baik oleh Kolonel AE Kawilarang, sehingga pada 16 April 1952, terbentuklah Kesatuan Komando Teritorium III yang menjadi cikal bakal Kopassus.(HFAN/Arum)

 

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *