Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Ekonomi

Rupiah Melemah, Gubernur BI Pastikan Stabilitas Nilai Tukar Rupiah Terjaga

19
×

Rupiah Melemah, Gubernur BI Pastikan Stabilitas Nilai Tukar Rupiah Terjaga

Share this article
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo
Example 468x60

HFANEWS.COM – Nilai tukar rupiah masih dalam tren melemah dan kembali mencapai level di atas Rp16.200 per dolar Amerika Seerikat (AS).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bahwa bank sentral akan terus memastikan stabilitas nilai tukar rupiah.

Example 300x600

Menurut Ferry, ekonomi Indonesia termasuk salah satu negara emerging market yang kuat dalam menghadapi dampak rambatan global akibat ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR) dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Katanya lagi, hal ini ditopang oleh kebijakan moneter dan fiskal yang prudent dan terkoordinasi erat.

Baca Juga: Dolar AS Stagnan, Rupiah Menguat Bersama Beberapa Mata Uang Asia

“Kami terus memastikan stabilitas Rupiah tetap terjaga dengan intervensi valuta asing dan langkah-langkah lain yang diperlukan,” kata Perry dalam sidang International Monetary Fund-World bank di Washington DC, Amerika Serikat (AS), mengutip keterangan resmi, Jumat (19/4/2024).

Perry mengatakan, untuk memperkuat ketahanan eksternal, komitmen kuat BI untuk stabilitas nilai tukar menjadi bagian penting.

Oleh karena itu, upaya stabilisasi, melalui pengelolaan aliran portfolio asing yang ramah pasar, termasuk operası moneter yang pro-market dan terintegrasi dengan pendalaman pasar uang, kata Perry akan mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia. (HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *