Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Ekonomi

Sore Ini Rupiah Ditutup Menguat Menyentuh Level Rp16.394

23
×

Sore Ini Rupiah Ditutup Menguat Menyentuh Level Rp16.394

Share this article
Foto Ilustrasi
Example 468x60

HFANEWS.COM – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup menguat pada perdagangan hari ini, Senin (24/6/2024) dan menyentuh level Rp16.394. Penguatan rupiah terjadi di tengah pergerakan greenback yang melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 56 poin atau 0,34% menuju level Rp16.394 per dolar AS. Adapun indeks dolar AS menurun 0,12% ke posisi 105,67. Sementara itu, mata uang lain di Asia mayoritas ditutup menguat.

Example 300x600

Yen Jepang, misalnya menguat sebesar 0,02%, lalu rupee India mencapai 0,05%, dan ringgit Malaysia 0,01%. Sementara itu, peso Filipina serta baht Thailand menguat 0,02% dan 0,20%.

Baca Juga: Ekonom Apresiasi Kebijakan Bank Indonesia Meski Rupiah Tertekan hingga Rp 16.300 per Dolar AS

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menuturkan pasar merespons positif pernyataan Dana Moneter Internasional (IMF), yang mengingatkan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, untuk berkomitmen menjaga defisit fiskal tetap berada di bawah 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“IMF melihat fiskal Indonesia akan mengalami ekspansi pada 2024 dan 2025, namun defisit yang lebih kecil akan mendukung pertumbuhan dan kebijakan yang lebih seimbang, serta menjaga ruang kebijakan untuk merespons risiko-risiko negatif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ibrahim mengatakan saat ini greenback terpicu oleh pembacaan PMI yang menguat lebih dari perkiraan sehingga memicu kekhawatiran bahwa ketahanan ekonomi AS memungkinkan The Fed mempertahankan suku bunga tinggi.

Di sisi lain, pasar China mengalami kerugian berkepanjangan setelah Uni Eropa (UE) pada awal Juni memberlakukan tarif tinggi terhadap impor kendaraan listrik negeri Tirai Bambu.

“Langkah ini memicu kemarahan Beijing dan meningkatkan kemungkinan perang dagang. Pejabat Tiongkok memperingatkan potensi perang dagang dengan UE, sementara menteri-menteri dari Tiongkok dan Jerman bertemu untuk merundingkan jalan ke depan,” tuturnya.

Dia menambahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan tetap dijaga di bawah 3%, yang menjadi komitmen pemerintah dan dilanjutkan oleh Prabowo Subianto. (HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *