Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Industri

Tanggulangi Banjir, Smart Aviation Incar Sektor Teknologi Modifikasi Cuaca

52
×

Tanggulangi Banjir, Smart Aviation Incar Sektor Teknologi Modifikasi Cuaca

Share this article
Foto Ilustrasi
Example 468x60

HFANEWS.COM – PT Smart Cakrawala Aviation (Smart Aviation), perusahaan jasa angkutan udara niaga tidak berjadwal tahun ini, karena mengincar potensi bisnis di sektor Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

General Manager Smart Aviation, Sonia Nasution mengungkapkan sepanjang tahun 2023, Smart Aviation telah menyelesaikan 20 project TMC. Kemudian di tahun ini, perusahaan telah melakukan 2 proyek. Yang pertama adalah untuk penanggulangan banjir di Jakarta di Januari 2024 kemarin. Dan yang kedua, yang masih berlangsung adalah penanggulangan banjir di Demak.

Example 300x600

Sonia mengatakan pihaknya telah mempunyai divisi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang telah berjalan sejak 2021. Namun operasi yang pertama kali dilaksanakan dengan TMC lengkap dengan pesawat dan personil dimulai di awal tahun 2023.

“Saat ini karena memang yang kita fokuskan adalah TMC, Smart Aviation saat ini bisa dibilang memiliki paket lengkap dalam hal TMC,” ungkap Sonia saat ditemui Kontan di kawasan Jakarta Pusat, dikutip, Sabtu (23/3/2024).

Meski tak bisa mengungkap berapa target proyek yang dibidik perusahaan untuk sektor TMC, dirinya bilang TMC sudah pernah dilakukan di berbagai pulau di Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Papua.

Baca Juga: Gejolak Pasar Minyak, Harga Melemah Usai Keputusan The Fed

Di sisi lain, Tim Ahli Smart Aviation A Hilmi Rafiq mengatakan potensi dari penggunaan TMC di Indonesia cukup tinggi, mengingat Indonesia adalah negara maritim dengan iklim tropis yang berdampak pada perubahan atmosfer yang cukup signifikan.

“Sebenarnya karena Indonesia juga negara tropis dan kita sebutnya negara maritim, itu dinamika atmosfernya sangat cepat sekali. Jadi, ini pentingnya pemerintah maupun swasta menyadari bahwa modifikasi cuaca ini menjadi sebuah opsi. Karena dari project-project yang sudah kita lakukan, perbandingan antara melakukan TMC dengan dampak positifnya cukup besar,” jelasnya.

Mengingat meningkatnya kebutuhan layanan modifikasi cuaca dan operasional lainnya, Smart Aviation telah mempersiapkan pengadaan 5 pesawat baru, termasuk 4 Unit Caravan C208EX dan 1 Unit Sky Courier C408.

Untuk diketahui, selain TMC, Smart Aviation juga mempunyai sektor bisnis lain seperti VIP Charter, survei udara hingga fasilitas bandara dan hangar swasta untuk pemeliharaan dan perbaikan pesawat dan helikopter. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *