Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaBisnis

Bank Sentral AS Tetap Konservatif, Powell Menegaskan Tidak Ada Jaminan Penurunan Suku Bunga

330
×

Bank Sentral AS Tetap Konservatif, Powell Menegaskan Tidak Ada Jaminan Penurunan Suku Bunga

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Dorongan Federal Reserve yang tengah berlangsung untuk mendinginkan inflasi “tidak terjamin,” menurut Ketua Jerome Powell, yang memperkuat alasan bank sentral AS untuk tidak mengumumkan penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Dalam pernyataan yang disiapkan sebelum dua hari kesaksian di hadapan anggota parlemen di Capitol Hill, Powell menambahkan bahwa meskipun sikap kebijakan restriktif The Fed memberikan tekanan ke bawah bagi kenaikan harga.

Example 300x600

Para penentu suku bunga masih membutuhkan kepercayaan yang lebih besarbahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju target 2%.

Hingga saat itu, Powell menegaskan, Federal Open Market Committee yang menetapkan suku bunga “tidak berharap bahwa akan tepat” untuk memangkas biaya pinjaman dari level tertinggi selama lebih dari dua dekade.

Baca Juga : Prof. Hardi Fardiansyah: Advokat Harus Kedepankan Etika dan Integritas

Komentarnya juga menunjukkan dilema sentral yang dihadapi pengambil kebijakan ketika mereka mempertimbangkan jalur suku bunga tahun ini, terutama karena The Fed berharap akan melakukan soft landing sebuah skenario di mana inflasi menurun tanpa memicu penurunan yang lebih luas dalam ekonomi atau pasar tenaga kerja.

“Mengurangi pengetatan kebijakan terlalu cepat atau terlalu banyak dapat mengakibatkan pembalikan kemajuan yang telah kita lihat dalam inflasi dan pada akhirnya membutuhkan kebijakan yang lebih ketat untuk mengembalikan inflasi ke 2 persen,” kata Powell.

“Pada saat yang sama, mengurangi pengetatan kebijakan terlalu terlambat atau terlalu sedikit dapat melemahkan aktivitas ekonomi dan lapangan kerja.

Namun, Powell mencatat bahwa siklus pengetatan The Fed baru-baru ini “mungkin” berada di puncaknya, menambahkan bahwa, jika ekonomi berkembang seperti yang diharapkan, “kemungkinan akan tepat untuk mulai mengurangi pengetatan kebijakan pada suatu saat di tahun ini. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *