Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaInternasional

Beberapa Negara Menolak usulan Iran MengEmbargo Minyak Ke Israel

44
×

Beberapa Negara Menolak usulan Iran MengEmbargo Minyak Ke Israel

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Presiden Iran Ebrahim Raisi mengusulkan negara-negara Arab untuk mengembargo minyak Israel sebagai salah satu hukuman atas agresi ke Jalur Gaza Palestina sejak 7 Oktober.

Raisi menilai kecaman tak cukup untuk menghentikan Israel menggempur Gaza. Usulan tersebut diutarakan Raisi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Liga Arab di Riyadh pada Sabtu pekan lalu.

Example 300x600

Namun, gagasan tersebut tak disambut hangat oleh negara Arab meski seluruh negara dalam KTT itu kompak mengutuk keras agresi Israel ke Gaza dan mendesak gencatan senjata segera, termasuk Indonesia.

Baca juga : Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mengeluarkan Fatwa Dukungan terhadap Palestina

Pengamat politik internasional di kawasan Timur Tengah dari Universitas Indonesia, Yon Machmudi, mengatakan penolakan ini muncul lantaran negara-negara Teluk lebih dekat dengan Amerika Serikat, sekutu dekat Israel.

Menurut Yon, menjatuhkan sanksi embargo kepada Israel membuat negara Arab seperti Arab Saudi hingga Uni Emirat Arab yang dekat dengan AS cemas akan memicu masalah dengan Negeri Paman Sam.

“Tidak mengadopsi perang militer dan tidak mengadopsi embargo, karena biar bagaimanapun, hubungan teluk dengan Amerika Serikat cukup dekat dibanding dengan Iran yang melakukan konfrontasi,”
Konfrontasi itu misalnya Iran yang dianggap mensponsori konflik agresi Israel di Palestina melalui milisi-milisinya di Timur Tengah seperti Hamas.

Baca Juga : Arab Mengecam tindakan Israel Menyerang Gaza Tanpa Henti

Milisi di Lebanon Selatan, Hizbullah, turut menggempur Israel sejak 7 Oktober. Mereka merupakan kelompok yang disokong Iran.
Kelompok yang didukung Iran di Yaman, Houthi, juga turut menyerang Israel.

Di luar ini, mereka bermusuhan dengan Arab Saudi. Arab Saudi dan Iran juga sempat putus hubungan selama tujuh tahun sebelum akur kembali di tahun ini.

Di kesempatan ini, Yon juga mengatakan embargo minyak tak disepakati lantaran sejumlah negara Arab telah menjalin normalisasi dengan Israel. (hfan/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *