Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaInternasional

Gejolak Konflik Timur Tengah Tak Mampu Mempertahankan Kenaikan Harga Minyak

46
×

Gejolak Konflik Timur Tengah Tak Mampu Mempertahankan Kenaikan Harga Minyak

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Harga minyak mentah terpantau menurun, meski ada ketegangan konflik yang meningkat di Timur Tengah

Harga minyak kontrak jenis Brent melemah 0,6% secara point-to-point (ptp). Sedangkan untuk minyak kontrak jenis light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) ambles 1,53%

Example 300x600

Pada perdagangan Jumat akhir pekan ini, harga minyak ditutup bergairah, dengan Brent melonjak 1,14% ke US$ 78,29 per barel, sedangkan jenis WTI melesat 0,92% menjadi US$ 72,68 per barel.

Pada awal sesi harga minyak acuan tersebut naik lebih dari US$2 per barel namun turun lebih rendah karena peningkatan inflasi Amerika Serikat (AS) yang tidak terduga.

Kenaikan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan dapat menunda penurunan suku bunga yang sangat dinantikan oleh pelaku pasar global dan bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed).

Dari Timur Tengah, Iran menyita sebuah kapal tanker yang membawa minyak mentah Irak dengan tujuan Turki sebagai pembalasan atas penyitaan kapal yang sama dan minyaknya pada tahun lalu oleh AS.

Penyitaan St. Nikolas yang berbendera Kepulauan Marshall bertepatan dengan serangan berminggu-minggu yang dilakukan milisi Houthi Yaman yang didukung Iran yang menargetkan rute pelayaran Laut Merah.

Kelompok Houthi yang berbasis di Yaman minggu ini melancarkan serangan terbesar mereka terhadap jalur pelayaran komersial di Laut Merah.

AS dan Inggris mengisyaratkan mereka akan mengambil tindakan lebih lanjut jika serangan terus berlanjut. Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut diakhirinya segera serangan Houthi.

Pemimpin kelompok tersebut, Abdel Malek al-Houthi, mengatakan setiap serangan terhadap Houthi tidak akan terjadi tanpa tanggapan, dan mencatat bahwa tanggapan tersebut akan lebih besar daripada serangan baru-baru ini yang menggunakan drone dan rudal yang menargetkan kapal AS di Laut Merah.

Houthi sendiri melancarkan serangan ke Laut Merah sebagai bentuk protes perang Israel ke Gaza. Desember lalu, Houthi juga mengatakan akan menargetkan kapal-kapal terkait Israel sampai bantuan diberikan ke Gaza secara maksimal. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *