Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaIndustri

Inovasi Terkini, Basalt SPO Menggandeng Chip Buatan China dalam Sistem Operasi Linux Mereka

845
×

Inovasi Terkini, Basalt SPO Menggandeng Chip Buatan China dalam Sistem Operasi Linux Mereka

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Perusahaan pembuat sistem operasi berbasis Linux asal Rusia, yakni Basalt SPO, kini beralih dan mendukung chip buatan China untuk sistem operasi besutannya.

Hal ini disebabkan karena pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) karena invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 lalu. Pembatasan tersebut berbentuk pelarangan memakai berbagai teknologi, termasuk chip yang dibuat oleh perusahaan asal AS.

Example 300x600

Dalam pengumuman terbaru yang dirilis di blog resmi mereka (berbahasa Rusia), Basalt SPO mengatakan bahwa sistem operasi AltOS yang dibuat, kini mendukung chip buatan Loongson asal China yang memiliki arsitektur LoongArch64.

Baca juga : Joe Biden Melarang Nvidia Melakukan Pengiriman China

Ini merupakan pertama kalinya sistem operasi atau OS buatan Rusia mendukung, bisa dipasang, dan berjalan di perangkat dengan chip buatan China. Sebelumnya, AltOS hanya bisa dipakai di berbagai perangkat dengan chip buatan perusahaan asal AS, seperti Intel dan AMD.

Chip Loongson sendiri merupakan opsi atau alternatif lain yang bisa dipilih Basalt SPO untuk menjalankan AltOS.

Loongson sendiri sebenarnya sempat memblokir ekspor chip buatan mereka ke Rusia pada akhir 2023 lalu. Namun, blokir tersebut belakangan dicabut, sehingga aneka perusahaan Rusia kini bisa memakai chip buatan Loongson.

komputer atau perangkat dengan chip LoongArch64 yang nantinya dipasang sistem operasi AltOS ini, akan memiliki sejumlah aplikasi bawaan yang biasa ditemui di berbagai komputer dengan OS berbasis Linux lainnya.

Seperti peramban (browser) internet Mozilla Firefox, software unguk mengedit gambar GIMP, aplikasi produktivitas LibreOffice, dan lain sebagainya.

Basalt SPO tidak mengumbar apa sebenarnya alasan mereka kini beralih ke chip buatan China. Mereka juga tak mengungkap apakah AltOS akan mendukung chip buatan perusahaan lain di China atau di luar China. (hfan/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *