Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Kesehatan

Jokowi: Fasilitas Kesehatan di Indonesia Tak Didukung Ruangan yang Bagus

20
×

Jokowi: Fasilitas Kesehatan di Indonesia Tak Didukung Ruangan yang Bagus

Share this article
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Example 468x60

HFANEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan penyakit strok, jantung, dan kanker menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional 2024 di ICE BSD Tangerang, Banten, Rabu (24/2/2024).

Jokowi menyadari fasilitas kesehatan yang telah lengkap tersebut tidak didukung dengan ruangan yang bagus.

Example 300x600

“Saya lihat ruangannya kadang-kadang belum mendukung, alatnya puluhan miliar, ruangannya payah, ruangannya kurang bagus. Mestinya ruangannya bagus, karena alatnya super bagus, supermodern,” tutur Jokowi.

Jokowi menjelaskan, strok, jantung, dan kanker, termasuk ke dalam kematian akibat penyakit tidak menular. Hal tersebut menjadi pekerjaan besar bersama untuk diselesaikan.

Baca Juga: Gibran Selalu Berpikir Positif Soal Pertemuan Megawati-Jokowi

“Kematian akibat penyakit tidak menular yang paling banyak adalah strok bisa sampai 330.000 per tahun, kemudian jantung kira-kira 300.000 kematian, di negara kita nomor dua. Nomor tiga akibat kanker. Inilah pekerjaan besar kita,” papar Jokowi.

Saat ini kata Jokowi, ketersediaan fasilitas kesehatan untuk mendeteksi penyakit tersebut sudah tersedia di puskesmas hingga RSUD kabupaten dan kota.

“Kita tahu puskesmas sekarang sudah dikirim alat-alat laboratorium, USG (ultrasonografi) atau EKG (ekokardiografi) untuk mengatasi sedini mungkin hal-hal tadi yang sampaikan. Barangnya sudah datang belum ya? Sudah?” ujarnya. (HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *