Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaBisnis

Perang Chip, Nvidia Rilis Produk Khusus untuk Bersaing dengan Pemain Lokal di China

338
×

Perang Chip, Nvidia Rilis Produk Khusus untuk Bersaing dengan Pemain Lokal di China

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Raksasa chip AS, Nvidia, telah memulai penerimaan pesanan (pre-order) untuk chip kecerdasan buatan (AI) terbaru yang dihasilkan khusus untuk pasar China. Harga yang ditetapkan sebanding dengan chip buatan pemain lokal, Huawei, mengindikasikan strategi untuk memperkuat posisi Nvidia di pasar China.

Sumber dalam mengungkapkan bahwa chip grafis H20 buatan Nvidia merupakan yang paling kuat di antara tiga chip grafis yang dikembangkan untuk pasar China, terutama setelah AS memperluas larangan ekspor chip kelas atas.

Example 300x600

Kebijakan blokir dari pemerintahan Joe Biden bertujuan untuk menghambat kemampuan China dalam mengembangkan AI dan komputer canggih, dengan kekhawatiran terkait penggunaan AI oleh China dalam keperluan militer.

BACA JUGA : Kenaikan Harga Beras di Tingkat Pedagang Eceran

Meskipun H20 memiliki daya komputasi lebih rendah dibandingkan dengan chip AI H100 dan H800 andalan Nvidia, pemerintah AS melarang penjualan kedua chip tersebut ke China pada Oktober tahun lalu.

Meski harga setara, spesifikasi yang lebih rendah dapat mempengaruhi minat beli klien di China. Nvidia telah menetapkan harga pesanan untuk distributor H20 di China antara US$12,000 hingga US$15,000 per paket kartu.

Beberapa distributor sudah mulai mengiklankan chip dengan markup signifikan, mencapai sekitar 110.000 yuan. Meski demikian, Nvidia menolak memberikan komentar terkait hal ini.

Distributor telah memberi tahu klien bahwa pengiriman produk H20 akan dimulai dalam jumlah kecil pada kuartal pertama 2024, diikuti oleh pengiriman dalam jumlah yang lebih besar pada kuartal kedua. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *