Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Ekonomi

Sebagai PSN, Nilai Investasi PIK dan BSD Capai Rp83,54 Triliun

31
×

Sebagai PSN, Nilai Investasi PIK dan BSD Capai Rp83,54 Triliun

Share this article
Pantai Indah Kapuk (PIK) salah satu destinasi favorit di kawasan terintegrasi di Jakarta Utara yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif.
Example 468x60

HFANEWS.COM – Proyek pengembangan Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD) telah resmi ditetapkan pemerintah sebagai proyek strategis nasional (PSN).

Secara lebih terperinci, PSN PIK 2 yang bakal dikembangkan pemerintah bersama konglomerat Sugianto Kusuma atau Aguan yakni pengembangan green area dan eco-city yang berlokasi di Provinsi Banten.

Example 300x600

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Haryo Limanseto, menjelaskan nilai investasi kedua proyek PSN tersebut diperkirakan mencapai Rp83,54 triliun.

“Semua pembiayaannya berasal dari investor swasta dan tidak membutuhkan dukungan APBN serta ditujukan untuk mendukung kebijakan percepatan hilirisasi, mendukung konektivitas, mendukung pengembangan dan pemerataan ekonomi nasional dan daerah, menciptakan lapangan kerja, serta mendapatkan dukungan Kementerian sektor,” jelas Haryo dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (24/3/2024).

Baca Juga: Gaya Hidup Antara Konsumsi dan Kepribadian

Haryo mengatakan, PSN baru yang telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Pengembangan Kawasan Terpadu BSD yang diperkirakan bakal menyerap investasi sebesar Rp18,54 triliun.

“Proyek ini didukung oleh Menteri Kesehatan yang telah menerbitkan Surat Rekomendasi untuk Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Kawasan BSD City,” jelasnya.

Haryo menjelaskan, proyek tersebut memiliki nilai investasi sekitar Rp65 triliun. Diharapkan, PSN ini dapat menyerap sekitar 6.235 tenaga kerja langsung dan 13.550 tenaga kerja sebagai efek pengganda.

Di samping itu, Kawasan PIK 2 juga nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg yang telah mulai digarap pada tahun 2023 lalu.

“Pengembangan wilayah PIK 2 berbasis hijau bernama Tropical Coastland bakal dikembangkan di luas area mencapai 1.756 hektare serta ditujukan sebagai destinasi pariwisata baru yang berbasis hijau guna meningkatkan attractiveness bagi wisatawan,” tambah Haryo.

Adapun, proyek milik Bos Agung Sedayu Group ini resmi ditetapkan sebagai PSN usai didukung secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dengan pertimbangan lokasi yang diusulkan sangat strategis karena berdekatan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Kepulauan Seribu dan Kota Tua – Sunda Kelapa.

“Nantinya, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kawasan PIK 2 Tropical Coastland akan dilakukan secara bertahap dengan rencana opening tahap I berupa danau dan tempat ibadah sebagai destinasi Wisata Taman Bhineka paling lambat pada kuartal III/2024,” terangnya. (HFAN/Arum)

 

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *