Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Ekonomi

Terjerat Utang Pinjol, Begini Cara Melunasinya

16
×

Terjerat Utang Pinjol, Begini Cara Melunasinya

Share this article
Foto ilustrasi
Example 468x60

HFANEWS.COM – Terjerat utang pinjaman online bisa menjadi beban tersendiri bagi yang mengalaminya. Tidak hanya karena jumlah utang yang harus dibayarkan, akan tetapi bunga atau denda yang bisa memperburuk keadaan.

Di tengah kehidupan yang serba cepat dan kebutuhan uang yang semakin mendesak, pinjaman online atau pinjol telah menjadi solusi yang mudah diakses bagi banyak orang.

Example 300x600

Akan tetapi, keterbatasan pendapatan membuat sebagian orang mengambil pinjaman baru untuk menutup utang lama dengan berharap terjadi perubahan keadaan mendapat pemasukan tambahan.

Solusi melunasi utang pinjol bisa dilakukan dengan manajemen keuangan yang baik dan teratur. Pahami cara melunasi utang pinjol yang menumpuk di bawah ini.

Solusi yang seringkali berdampak buruk karena akhirnya metode gali lubang tutup lubang ini menemui jalan buntu. Pendapatan tambahan tidak sebesar yang direncanakan. Akibatnya, utang menjadi bertumpuk dan akhirnya sulit untuk dibayarkan.

Cara Melunasi Utang Pinjol Untuk keluar dari kondisi utang pinjaman online ini, dibutuhkan kebijaksanaan dan semangat untuk menyelesaikan utang yang ada. Beberapa langkah untuk melunasi utang pinjol yakni:

Baca Juga: Karena Sebar Data Pribadi, 173 Pinjol Ilegal Diblokir

1. Buat Daftar Utang Identifikasi semua utang pinjol yang dimiliki, termasuk jumlah pinjaman, bunga, dan jatuh tempo pembayaran.

2. Berkomunikasi dengan Perusahaan Pemberi Pinjaman Pilihan ini sulit diambil oleh sebagian orang karena merasa akan diintimidasi. Meski demikian, dengan membawa pihak keluarga atau rekan yang mampu bernegosiasi jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman. Mereka mungkin bersedia mengatur pembayaran yang lebih fleksibel atau memberikan opsi restrukturisasi utang.

3. Lakukan Negosiasi Cobalah untuk bernegosiasi dengan pemberi pinjaman untuk mengurangi jumlah utang atau menawarkan skema pembayaran yang lebih terjangkau.

4. Cari Tambahan Pendapatan Untuk mempercepat proses pelunasan, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan.

5. Prioritas Pembayaran Utang Mulailah dengan melunasi utang yang memiliki bunga tertinggi terlebih dahulu untuk menghindari akumulasi bunga yang lebih tinggi.

Melunasi Utang dengan Metode Debt Snowball Ada berbagai cara untuk melunasi utang pinjol. Mulai dari cara sederhana sampai yang rumit. Pinjaman bank hingga pinjam kerabat. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk melunasi utang adalah debt snowball.

Lantas, apa itu debt snowball? Metode debt snowball adalah cara membayar utang dengan membuat daftar utang dari yang paling kecil hingga besar. Dikutip dari Investopedia, Selasa (25/3/2024) debitur harus menyisihkan uang untuk membayar utang, di mulai dari utang yang terkecil.

Pembayaran tagihan bulanan tetap dilakukan sesuai dengan jumlah minimunnya. Seorang penyiar radio Dave Ramsey menyarankan metode ini agar para debitur memiliki keuangan yang sehat. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *