Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaBisnis

Analisis Sektor Unggulan dan Pilihan Saham Potensial di Pasar Modal Indonesia untuk Tahun Mendatang

731
×

Analisis Sektor Unggulan dan Pilihan Saham Potensial di Pasar Modal Indonesia untuk Tahun Mendatang

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Akhir tahun 2023, pelaku pasar mulai memetakan sentimen apa saja yang bakal mempengaruhi laju IHSG. Para investor juga mulai memilih sektor dan saham mana saja yang berpeluang dalam setahun ke depan.

Melihat posisi IHSG saham tampak lebih kondusif di penghujung tahun 2023 Menutup perdagangan sebelum libur Natal, IHSG menguat 0,39% ke level 7.237,51 Jika diakumulasi sejak awal tahun 2023, IHSG sudah terbang 5,65%.

Example 300x600

Meski begitu, pelaku pasar mesti tetap waspada, lantaran potensi volatilitas masih terbuka. Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Hardy dan Rut Yesika Simak dalam risetnya mengingatkan, investor perlu mengantisipasi kemungkinan volatilitas pada akhir 2023 hingga paruh pertama 2024.

BACA JUGA : DPR Minta Pemerintah Investigasi Ledakan di Pabrik ITSS

Robertus dan Rut menyoroti tiga faktor yang berpotensi mendorong volatilitas tersebut. Meliputi ketegangan geopolitik, masih tingginya suku bunga, serta ketidakpastian politik dalam negeri selama periode pemilihan umum.

Mempertimbangkan hal itu, Mirae Asset memprediksi posisi IHSG pada akhir tahun ini akan berada di level 7.200. Lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yang ditaksir mencapai level 7.400.

Lanjut ke prediksi tahun 2024, Robertus dan Rut membandingkan dengan pergerakan IHSG pada tahun Pemilu sebelumnya, dimana terdapat kecenderungan indeks saham stagnan atau menurun pada periode Pemilu. “Namun biasanya menunjukkan perbaikan setelah hasil Pemilu menjadi jelas,” tulis Robertus dan Rut.

Selain pemilu, volatiltas pasar saham juga bisa tersulut oleh sejumlah faktor. Terutama dari perlambatan ekonomi global serta perkembangan konflik geopolitik, khususnya kelanjutan Rusia vs Ukraina dan konflik di Timur Tengah.

Akan ada peluang pemangkasan suku bunga acuan, terutama dari Bank Sental Amerika Serikat (AS), The Fed. Katalis lainnya bisa datang dari normalisasi harga komoditas energi dan berlanjutnya pemulihan ekonomi domestik. (hf/dvd)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *