Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
BeritaEkonomi

Fenomena inflasi pasca Lebaran 2024 dari sudut pandang seorang pakar, Prof. Dr. Hardi Fardiansyah

599
×

Fenomena inflasi pasca Lebaran 2024 dari sudut pandang seorang pakar, Prof. Dr. Hardi Fardiansyah

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Minggu 14 April 2024. Seperti yang kita ketahui, inflasi adalah perhatian utama dalam dunia ekonomi, terutama saat momen perayaan besar seperti Lebaran.

Prof. Dr. Hardi Fardiansyah menjelaskan bahwa setelah Lebaran, kita sering melihat fluktuasi harga yang signifikan. Melalui pendekatan yang komprehensif, beliau mengidentifikasi beberapa faktor utama yang mempengaruhi kenaikan harga pasca-libur panjang ini. Mulai dari perubahan pola konsumsi hingga pengaruh faktor global, semuanya berperan dalam menciptakan kompleksitas inflasi pasca-Lebaran.

Example 300x600

Salah satu faktor utama yang disoroti adalah permintaan konsumen yang meningkat tajam. Setelah puasa, permintaan akan berbagai barang konsumsi melonjak, terutama makanan dan pakaian. Namun, lonjakan permintaan ini tidak selalu diimbangi dengan pasokan yang cukup, terutama untuk produk-produk tertentu. Hal ini dapat mengakibatkan kenaikan harga akibat penawaran yang terbatas. Selain itu, pedagang sering kali memanfaatkan momen pasca-Lebaran untuk menaikkan harga, mengambil keuntungan dari kenaikan permintaan yang signifikan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Prof. Hardi Fardiansyah, Ahli Hukum Bisnis yang Multitalenta

Aktivitas ekonomi yang meningkat selama bulan Ramadan dan Lebaran sering menjadi pemicu inflasi. Masyarakat mengeluarkan lebih banyak uang untuk belanja keperluan Lebaran, menciptakan tekanan tambahan pada pasokan dan permintaan, yang berujung pada kenaikan harga barang dan jasa.

Prof. Dr. Hardi Fardiansyah juga menyoroti pentingnya kebijakan stabilisasi harga dan pengawasan terhadap praktik-praktik tidak sehat di pasar. Ia menegaskan perlunya keseimbangan antara kebebasan pasar dan perlindungan konsumen, serta peran penting pemerintah dalam mengawasi dan mengendalikan inflasi pasca-Lebaran.

Beliau mengatakan “Jadi, secara keseluruhan, inflasi pasca-Lebaran 2024 merupakan tantangan yang perlu ditangani dengan serius oleh pemerintah dan pelaku ekonomi.” Analisis yang teliti, seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hardi Fardiansyah, memberikan pandangan yang dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi pasca-Lebaran dan pentingnya kebijakan yang tepat untuk mengatasinya.

Semoga pemahaman kita tentang dinamika inflasi bisa meningkat, dan kita dapat mengambil langkah-langkah yang efektif untuk menjaga stabilitas ekonomi pasca-perayaan Lebaran.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *