Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Bisnis

Kinerja NPI Membaik, BI: Bisa Menopang Ketahanan Eksternal Indonesia

24
×

Kinerja NPI Membaik, BI: Bisa Menopang Ketahanan Eksternal Indonesia

Share this article
Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta
Example 468x60

HFANEWS.COM – Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) mengalami surplus sebesar US$8,6 miliar pada kuartal IV/2023.

Jika dirincikan, transaksi berjalan pada kuartal IV/2024 mencatatkan déficit sebesar US$1,3 miliar, sedikit meningkat dibandingkan dengan defisit US$1,0 miliar.

Example 300x600

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menyampaikan bahwa surplus pada periode tersebut meningkat signifikan pada US$8,6 Miliar dibandingkan dengan kinerja kuartal sebelumnya yang mencatat defisit US$1,5 miliar.

Erwin menjelaskan surplus NPI pada kuartal IV/2024 ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat serta defisit transaksi berjalan yang tetap rendah.

“Kinerja NPI pada kuartal IV/2023 membaik sehingga menopang ketahanan eksternal Indonesia,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga: BI Kembali Menahan Suku Bunga Acuan, Rupiah Diprediksi Fluktuasi

Di satu sisi, lanjutnya, surplus neraca perdagangan barang meningkat, yang didukung oleh kenaikan ekspor barang sejalan dengan perbaikan permintaan global dan harga komoditas.

Di sisi lain, neraca jasa dan neraca pendapatan primer mencatatkan defisit yang lebih tinggi, sejalan dengan peningkatan aktivitas domestik dan pola pembayaran bunga pada periode laporan.

Sementara itu, transaksi modal dan finansial mencatat perbaikan signifikan, dari defisit US$0,1 miliar pada kuartal III/2023 menjadi surplus US$9,8 miliar pada kuartal IV/2023.

“Kinerja positif ini terutama ditopang oleh aliran investasi portofolio yang kembali masuk ke pasar keuangan domestik sejalan dengan ketidakpastian pasar keuangan global yang mulai mereda,” kata Erwin.(HFAN/Arum)

 

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *