Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Internasional

Resmi Menjabat Kepala Aliansi Investor, Ketum Apindo Harap Dapat Menjembatani Keterwakilan Sektor Privat Indonesia

65
×

Resmi Menjabat Kepala Aliansi Investor, Ketum Apindo Harap Dapat Menjembatani Keterwakilan Sektor Privat Indonesia

Share this article
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani
Example 468x60

HFANEWS.COM – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani resmi menjabat sebagai Co-Chair untuk Global Investor for Sustainable Development (GISD) Alliance, aliansi investor global yang dibentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Shinta berharap, jabatan baru yang dia emban ini dapat menjembatani keterwakilan sektor privat Indonesia untuk lebih terhubung dengan sektor finansial, standard setter, hingga multilateral development bank (MDB). Dia juga berharap jabatan ini dapat memberi porsi lebih banyak bagi kepentingan serta perspektif negara berkembang.

Example 300x600

“Hal ini termasuk memberi rekomendasi terhadap restrukturisasi arsitektur keuangan yang membutuhkan skema dan taksonomi yang tepat, demi mempercepat mobilisasi pendanaan sektor privat yang diperlukan emerging – developing countries seperti Indonesia,” jelas Shinta dalam keterangan resminya yang dikutip pada Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga: Anwar Usman Dinilai Menghalangi Pembentukan MKMK Permanen

Menurutnya, penyelesaian masalah kesenjangan pendanaan dan investasi SDGs memerlukan kolaborasi regional dan nasional. Selama ini, GISD Alliance telah melakukan engagement dengan key policy makers seperti G20, G7, European Union yang mayoritas terdiri atas negara maju.

Penunjukkan Shinta dilakukan oleh Sekjen PBB Antonio Gutteres dalam pertemuan tahunan kelima GISD Alliance yang diselenggarakan Selasa siang (31/10/2023) waktu setempat.
Sebagai informasi, GISD merupakan aliansi yang dibentuk oleh PBB untuk menghasilkan solusi demi meningkatkan aliran pendanaan yang mampu menutup kesenjangan pembiayaan dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDG). Aliansi ini terdiri atas perwakilan dari sektor finansial dan nonfinansial dunia.

Shinta mengatakan sudah saatnya hasil kerja aliansi ini menjawab tantangan pendanaan proyek SDGs di level regional, terutama bagi negara berkembang seperti Indonesia. Upaya ini dapat dilakukan dengan memperluas engagement dengan sektor privat kawasan yang mewakili developing dan under-developed countries.

Baca Juga: Karena The Fed Tahan Kenaikan Suku Bunga, Rupiah Berpeluang Menguat

Adapun, sebagai organisasi pelaku usaha, Apindo merupakan representasi jaringan bisnis Indonesia dengan salah satu program kerja meningkatkan investasi dalam negeri.

Sejalan dengan itu, melalui keterlibatan Shinta Kamdani di aliansi investor global bentukan PBB ini, GISD Alliance akan semakin berfokus melakukan advokasi, meningkatkan engagement pelaku usaha baik nasional maupun regional, serta meningkatkan kesadaran penggunaan instrumen keuangan dan pendanaan sebagai solusi kesenjangan investasi berkelanjutan. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *