Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Siap-Siap! Kemenhub Akan Umumkan Pengurangan Bandara Internasional Tahun Ini

30
×

Siap-Siap! Kemenhub Akan Umumkan Pengurangan Bandara Internasional Tahun Ini

Share this article
Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Example 468x60

HFANEWS.COM – Pemerintah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih terus membahas rencana pengurangan jumlah bandara internasional di Indonesia.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, pihaknya menargetkan keputusan ini dapat diumumkan pada tahun ini.

Example 300x600

Adita mengatakan, pengurangan jumlah bandara internasional merupakan bentuk upaya pemerintah mengoptimalisasi layanan bandara. Upaya ini juga menjadi salah satu alasan pemerintah belum membuka kembali layanan rute internasional di beberapa bandara.

Dia menuturkan, Kemenhub tengah melakukan penataan bandara internasional pascapandemi Covid-19. Nantinya, bandara internasional di Indonesia akan dikurangi dari jumlah yang ada saat ini sebanyak 32 bandara.

“Setelah pengurangan dilakukan, diharapkan tidak terjadi redundancy antara satu bandara dengan bandara lainnya sehingga juga layanannya akan lebih berkualitas,” kata Adita saat dikonfirmasi, dikutip Minggu (24/3/2024).

Baca Juga: Rapat Terbatas Pemerintah Bahas Kebijakan BBM

Meski demikian, Adita belum dapat memerinci jumlah bandara yang nantinya masih menyandang status internasional. Dia mengatakan, Kemenhub masih terus membahas titik mana saja yang akan menjadi bandara internasional.

“Soal jumlah masih kami bahas. Seharusnya dalam tahun ini akan kami umumkan,” pungkasnya.

Adapun, isu pengurangan jumlah bandara internasional di Indonesia bukan merupakan pembicaraan baru.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan rencana tersebut dikemukakan dalam sebuah rapat yang membahas industri pariwisata bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Dalam rapat tersebut, kata Erick, pemerintah telah sepakat untuk mengurangi jumlah bandara internasional menjadi sekitar 14 hingga 15 bandara sebagai pintu masuk penerbangan internasional.

“Kemarin kita rapat mengenai industri pariwisata dan bagaimana implikasi dengan pertumbuhan ekonomi. Di situ Pak Menhub [Budi Karya Sumadi] ada kesepakatan kita akan membuka untuk bandara internasional itu 14-15 saja,” kata Erick kala itu. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *