Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Ini Alasan Pemerintah RI Usulkan Peringatan Hari Danau Sedunia

18
×

Ini Alasan Pemerintah RI Usulkan Peringatan Hari Danau Sedunia

Share this article
Foto Ilustrasi, Danau Toba, di Sumatera Utara, Medan-Indonesia
Example 468x60

HFANEWS.COM – Air di permukaan bumi cukup banyak dan penting untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan adanya peringatan Hari Danau Sedunia. Alasan lain adalah Peringatan Hari Danau sebagai penanda pentingnya air bagi kehidupan seluruh umat manusia.

Terkait hal tersebut, Staf Khusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sumber Daya Air sekaligus Ketua Bidang VI Panitia Nasional Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 Firdaus Ali menyatakan, Pemerintah Indonesia telah mengusulkan adanya Hari Danau Sedunia dan PBB sudah menyetujui usulan tersebut. Hari peringatan ini tinggal menunggu kesepakatan tahap akhir saja.

Example 300x600

Baca Juga: Ini Penyebab Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Turun

“Kalau ini berhasil disepakati, maka dalam World Water Forum ke-10 ini Indonesia mampu menggolkan Hari Danau Sedunia,” kata dia di sela acara World Water Forum, dikutip, Rabu (22/5/2024).

Menurut dia, Peringatan Hari Danau Sedunia cukup penting mengingat 70% air yang ada di permukaan darat bumi disimpan di danau.

Jika danau tidak dikelola dengan baik, maka dunia akan terancam krisis air pada masa mendatang.

Tak hanya itu, berbagai bencana alam di dunia pun tidak lepas dari efek buruknya pengelolaan air, termasuk danau.

Lebih lanjut, Firdaus menyebut bahwa peran serta seluruh umat manusia dibutuhkan dalam menjaga kelestarian air bersih. Berbagai solusi pengelolaan air pun akan terasa percuma jika manusia tetap merusak lingkungan. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *