Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

Tak Ada Lagi Sistem Kelas, DPR: Kemungkinan Pengguna BPJS akan Protes

12
×

Tak Ada Lagi Sistem Kelas, DPR: Kemungkinan Pengguna BPJS akan Protes

Share this article
Example 468x60

HFANEWS.COM – Pimpinan Komisi IX DPR RI, Charles Honoris mempertanyakan peluang adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan setelah pemakaian sistem Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Hal itu menyusul tidak adanya lagi sistem kelas 1, 2, 3 dalam BPJS Kesehatan.

“Biaya iuran ini akan menjadi pertanyaan bagi masyarakat tentunya akan ya mungkin kita harus menanyakan, apakah iurannya akan dipatok sama bagi semua peserta, karena tentunya masyarakat yang saat ini masuk menjadi peserta di kelas 3 akan keberatan kalau iurannya dinaikkan,” kata Charles di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Example 300x600

Charles menyampaikan kemungkinan akan adanya protes dari pengguna manfaat BPJS Kesehatan kelas 3. Mereka tentunya tidak bisa dipatok iuran yang lebih besar seperti kelas 1 maupun 2.

Baca Juga: DPR: Sebaiknya Pemerintah Pertimbangkan Pembentukan Badan Otorita Penerimaan Negara RKP 2025

“Sistem KRIS dari BPJS Kesehatan itu juga memungkinan pengguna manfaat kelas 1 yang ogah dapat pelayanan seperti kelas 2 maupun 3,” tandasnya.

Apalagi, kata dia, nantinya sistem KRIS dari BPJS Kesehatan ini nantinya pelayanan rawat inap para pasien akan diisi oleh 4 pasien. Hal itu berbeda dari kelas 1 BPJS Kesehatan yang biasanya hanya 2 pasien saja.

“Kalau ada masyarakat di kelas 1 iurannya memang misalnya diturunkan, tetapi atau tetap sama tetapi mendapatkan pelayanan yang di bawah yang sudah didapatkan saat ini tentunya juga akan ada yang keberatan,” katanya. (HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *