Scroll untuk baca artikel
Top banner Example 325x300
Nasional

BMKG: Tekanan Rendah Laut Arafura Selatan Bisa Picu Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat

25
×

BMKG: Tekanan Rendah Laut Arafura Selatan Bisa Picu Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat

Share this article
Foto Ilustrasi
Example 468x60

HFANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya perkembangan pola tekanan rendah di sekitar Laut Arafuru Selatan, Merauke. BMKG menyebut fenomena itu bisa memicu gelommbang tinggi dan hujan dalam intesitas lebat di wilayah Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, Papua Selatan dan Maluku.

Pola tekanan rendah merupakan suatu dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya pola sirkulasi angi secara siklonal yang dalam kondisi atmosfer tertentu dapat meningkat intensitasnya menjadi sistem bibit siklon. Adapun sistem itu memiliki pergerakan ke arah barat-barat laut dan peluang peningkatan intensitasnya dalam sepekan ke depan diprediksi masih berada pada kategori rendah untuk menjadi sistem bibit siklon.

Example 300x600

“Kondisi tersebut (pola tekanan rendah) dapat memicu gelombang tinggi dan hujan dengan intensitas sedang-lebat,” kata BMKG dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga: Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Indonesia, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Selain wilayah Papua, sejumlah wilayah Indonesia lainnya juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang-lebat. Hal ini dipicu oleh masih aktifnya gelombang atmosfer Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin.

“Kondisi kelembaban dan lanbilitas atmosfer yang signifikan, serta terpantaunya sirkolasi siklonik di perairan barat Sumatera, Laut Banda dan Samudera pasifik sebelah utara Papua.

“Prospec wilayah Indonesia yang berpotensi hujan sedang-lebat selamat sepekan ke depan yaitu sebagian besar Sumatera bagian utara dan barat, sebagian besar Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan bagian Barat dan Tengah, Sulawesi bagian selatan dan tenggara. Kemudian Maluku dan Papua,” sambung tulisan itu.

BMKG mengimbau agar warga tidak panik terkait denfan informasi potensi siklon tropis di sekitar Laut Arafuru. BMKG juga mengimbau untuk tetap waspada atas kemungkinan potensi cuaca ekstrem.(HFAN/Arum)

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *